Jumat, 26 Oktober 2012

Khasiat buah manggis



Selama ini kita mengenal manggis sebagaj buah yang hanya dimanfaatkan daging buahnya saja untuk dimakan, selain rasanya yang enak harganyapun juga tidak terlalu mahal namun banyak orang tidak tau bahwa selain daging buahnya yang rasanya enak, kulih buah manggis juga banyak mengandung khasiat sebagai obat untuk beberapa macam jenis penyakit. manggis atau dalam bahasa latin disebut Garcinia mangostana L ini merupakan buah yang dapat tumbuh baik di daerah tropis dan mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, mulai dari biji, daging buah dan kulitnya pun punya banyak manfaat. ini ni sedikit yang saya ketahui tentang si bulat ungu ini

manggis Mengandung senyawa xanthone.
Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Buah anggis dapat Menghambat penuaan
Menurut penelitian lain, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda. 

Manggis dapat mencegah kanker
Selain sebagai anti oksidan, khasiat xanthone juga sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

Menyehatkan mata, kulit dan rambut
Menurut hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis dapat membantu mebuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.

Dapat Meningkatkan stamina dan tenaga
Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh.

banyak manfaat yang bisa diambil dari buah manggis makanya kalo kita makan buah manggis jangan buru2 ngebuang kulitnya...

tapi kita juga harus hati2 loh karena menurut Liska Yunitasari dalam bukunya Gempur 41 Penyakit dengan Buah Manggis, Anda harus tetap berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi.


^dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritik dan saranya ;)