Minggu, 18 November 2012

BAWANG PUTIH


        Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya paying, lebih dikenal sebagai bumbu dasar memasak selain garam cabe dan bawang mera, bahkan menurut mitos disalah satu negara bawang putih juga digunakan sebagai alat untuk mengusir hantu(drakula) namun sesungguhnya bawang putih punya manfaat yang lebih untuk tubuh kita. Akhir-akhir ini perubahan cuaca sering terjati secara tiba-tiba sehingga orang akan mudah terkena flu atau infeksi jika anti bodi dalam tubuh tidak cukup untuk melindungi tubuh kita.
Di dalam Bawang putih mengandung Allicin, yaitu semacam senyawa anti jamur yang berfungsi sebagai pelindung  tubuh dari infeksi dan juga dapat meningkatkan antibodi dalm tubuh sehingga kita tidak akan dengan gampang terkserang infeksi atau virus-virus berbahaya. Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Cukup dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari maka resko terserang flu dan batuk akan lebih kecil.
Bagaimana cara memanfaatkannya?
Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambahkan bawang putih pada masakan.  Anda juga dapat membuat obat batuk dengan resep ini :
Ø  Hancurkan bawang dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panic
Ø  lalu panaskan sekitar 1-2 menit
Ø  minum selagi masih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon kritik dan saranya ;)